SCHOOL SUPERVISOR SMA PADANG PARIAMAN

Minggu, 13 September 2020

Peningkatan Mutu Guru Melalui Pemberdayaan MGMPBiologi Padang Pariaman Di Masa New Normal

 

PENINGKATAN MUTU GURU MELALUI PEMBERDAYAAN MGMP BIOLOGI PADANG PARIAMAN DI MASA NEW NORMAL

        Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, mempersyaratkan guru untuk : (i) memiliki kualifikasi akademik minimum S1/D4;, (ii); memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional; dan (iii) memiliki sertifikat pendidik. Dengan berlakunya Undang-undang ini diharapkan memberikan suatu kesempatan yang tepat bagi guru untuk meningkatkan profesionalismenya melalui pelatihan, penulisan karya ilmiah, pertemuan di Kelompok Kerja Guru (KKG), dan pertemuan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Dengan demikian KKG dan MGMP memiliki peran penting dalam mendukung pengembangan profesional guru.


        Tak dapat dipungkiri adanya COVID-19  atau virus corona yang sudah masuk ke Indonesia sejak awal Maret tahun 2020 ini mengubah kehidupan banyak orang dan menciptakan berbagai kebiasaan baru. Salah satu dampak yang sangat terasa adalah proses pembelajaran di kelas, dari tatap muka, menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ).

        

        Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Jaringan (PJJ Daring) adalah Lingkungan belajar yang diadakan tanpa tatap muka secara langsung antara pengajar dengan peserta didik, dimana pengajar menyediakan bahan ajar dalam konten digital yang bisa diakses, disimpan dan dibagikan melalui internet. Pembelajaran Jarak Jauh Luar Jaringan (PJJ Luring) adalah Bentuk pembelajaran mandiri tanpa tatap muka langsung yang dilaksanakan dengan memanfaatkan media TV, radio, modul belajar mandiri dan lembar kerja peserta didik, bahan ajar cetak, alat peraga dan media belajar dilingkungan sekitar dan Pembelajaran kombinasi (Blended learning) : Perpanduan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran dalam jaringan.


Pilihan pelaksanaan kurikulum : Satuan pendidikan diberikan 3 opsi untuk menerapkan kurikulum yaitu :

a. Tetap melanjutkan melaksanakan kurikulum Nasional 2013

b. Melaksanakan kurikulum kondisi khusus, sebagaimana tertuang dalam keputusan Kabalitbang Kemendikbud Nomor 018/H/KR/2020 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Khusus bagi SMK, KI dan KD kelompok mata pelajaran peminatan Kejuruan (C1, C2 dan C3) disederhanakan/disusun secara mandiri

c. Melakukan penyederhaan Kurikulum Nasional 2013 secara mandiri

Dalam masa pandemik saat ini, penggunaan TIK sebagai sarana pembelajaran menjadi sangat krusial. Seiring waktu, muncul berbagai keluhan karena Pembelajaran Jarak Jauh yang diselenggarakan oleh guru membosankan dan kurang bervariatif. Guru Biologi Padang Pariaman 80 % mengadakan PJJ dengan WA group. untuk mengatasi masalah tersebut mengeksplorasi berbagai aplikasi yang dapat menjadi solusi dalam pembelajaran jarak jauh saat ini, maka MGMP Biologi Padang Pariaman, menyusun program kegiatan MGMP Biologi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh guru dalam PJJ.


MGMP Biologi Padang Pariaman, dibentuk atas inisiatif guru-guru sebagai bentuk kesadaran mereka dalam meningkatkan profesionalisme guru, tanpa ada perintah atau tanpa diawali dengan iming-iming bantuan dana dari pemerintah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kurikulum mulai dari filosofi kurikulum, perencanaan pengajaran, pelaksanaan pengajaran sampai dengan evaluasi dan tindak lanjut. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien.


Pelaksanaan kegiatan MGMP Biologi di Kabupaten Padang Pariaman menggunakan strategi Brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, real teaching, serta praktek atau praktikum. Brainstorming dilaksanakan untuk menggali informasi yang telah dimiliki oleh peserta, ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar tetapi ada diantara anggota yang sudah pernah memperolehnya (desiminasi), diskusi digunakan untuk memcahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi dan real teaching digunakan untuk merealisasikan pemahaman konsep yang sudah diperoleh selama kegiatan


Tujuan yang akan dicapai dari kegiatan MGMP Biologi Padang Pariaman ini adalah sebagai berikut 

Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, strategi pembelajaran,metode pembelajaran, memaksimalkan pemakaian sarana/prasarana belajar, memanfaatkan sumber belajar, dsb.

- Memberi kesempatan kepada anggota MGMP Biologi SMA  di Wilayah Padang Pariaman untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik. 

-Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi peserta MGMP Biologi SMA di Padang Pariaman 

Memberdayakan dan membantu anggota MGMP Biologi SMA di Wilayah Padang Pariaman dalam   melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.

Meningkatkan  kinerja  anggota MGMP Biologi SMA di Wilayah Padang Pariaman  (pengetahuan,     dan kompetensi) dan mengembangkan profesionalisme guru melalui kegiatan-kegiatan pengembangan    profesionalisme di tingkat MGMP Biologi SMA Kabupaten Padang Pariaman. 


          Sebagai pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan kegiatan MGMP Biologi SMA se Kabupaten Padang Pariaman, seluruh kegiatan mulai dari absensi, kontribusi anggota, topik/materi bahasan, narasumber dan jalannya kegiatan dicatat dalam administrasi kegiatan MGMP Biologi


Program Kegiatan Pengurus MGMP Biologi Tahun Pelajaran 2020/2021


Pada pertemuan pertama MGMP Biologi Padang Pariaman, diadakan pada tanggal 15 Agustus 2020, di SMAN 1 Enam Lingkung, yang dihadiri oleh Penanggung jawab akademik, penanggung jawab kegiatan, pengurus MGMP Biologi dan anggota MGMP Biologi dengan jumlah yang hadir 30 orang. Susunan acara sbb :

1.   1.  MC

2.   2. Sambutan ketua MGMP Biologi Padang Pariaman

3.   3. Sambutan penanggung Jawab Kegiatan MGMP Biologi Padang Pariaman

4.   4. Sambutan penanggung jawab akademik MGMP Biologi Padang Pariaman

5.   5. Menyusun program MGMP Biologi untuk TP 2020/2021

6.   6.  Penutup

7.   7. Makan bersama

Hasil kesepakatan antara lain: Pertemuan rutin MGMP pada Tahun Pelajaran 2020/2021 dilakukan pada hari sabtu sebanyak 12 kali pertemuan. Pada  Semester I, diadakan 8 kali pertemuan di Semester II 4 kali pertemuan.  Struktur Program Kegiatan tertera pada tabel di bawah ini :

 


PROGRAM MGMP BIOLOGI PADANG PARIAMAN

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

Pertemuan

Hari/Tanggal

Jenis Kegiatan

Nara Sumber

Ket

1.

Sabtu/

15-8-2020

1.    Pembukaan

a.  Arahan dari penanggung jawab akademik

b.  Arahan dari penanggung jawab kegiatan

 

Misdawati, M.Pd

 

Ernawati, S.Pd, M.Si, MM

 

2.    Menyusun program MGMP Biologi

Ketua MGMP dan anggota

 

2.

Sabtu/

29-8-2020

1.      Kebijakan Dinas tentang pembelajaran Daring dan luring

Abinul Hakim, S.Pd, M.Si (Kacabdin Wilayah II)

 

2.      PJJ dengan Google Form

 

Misdawati, S.Pd, M.Pd

 

3.      PJJ dengan Google Class Room

Selviani, S.Pd

 

3.

Sabtu/

5-9-2020

Pembelajaran

HOT

Tim dari Pengawas Padang Pariaman

 

4.

Sabtu/

19-9-2020

Pembuatan dan editing video

Pembelajaran bagian 1

Amizar dan Elga

 

5.

Sabtu/

3-10-2020

Pembuatan dan editing video

Pembelajaran bagian 2

Misdawati, S.Pd, M.Pd

 

6.

Sabtu/

17-10-2020

Membahas Materi sulit secara daring:

1.   Metabolisme kls XII

2.   Transportasi zat melalui membrane kls XI

3.   Klasifikasi M.hidup kls X

Drs.  Azwir, M.Si dan

Dra. Rose Rita M.T, M.Pd

 

7.

Sabtu/

7-11-2020

Pemecahan Soal-soal KSN

 Dra. Rose Rita M.T, M,Pd

 

 

8.

Sabtu/

Pembuatan E Modul

Misdawati, M.Pd

 

10.

Sabtu/

23-01-21

Presentasi E-Modul

Anggota MGMP

 

11.

Sabtu/

 6-02-21

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

1.  Dra. Rose Rita M.T, M,Pd

2.  Misdawati, S,Pd, M,Pd

 

12.

Sabtu/

20-02-21

Seminar PTK

Anggota MGMP

 

 

 

Dokumen Kegiatan Pertemuan ke-1

                  


                           

                                


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top