SCHOOL SUPERVISOR SMA PADANG PARIAMAN

Jumat, 19 Juni 2020

IHT DI SMA YDB






In House Training
DI SMAS YDB LUBUK ALUNG


Mempersiapkan Tahun Pelajaran Baru 2020/2021, secara internal SMAS YDB Lubuk Alung melakukan In House Training (IHT). IHT adalah sebuah langkah maju. untuk menumbuhkembangkan lembaga pendidikan agar cita-cita yang diinginkan bisa terlaksana lebih ringan, cepat, terarah berkat penyamaan persepsi. In House Training (IHT) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah sebagai persiapan guru untuk menghadapi tahun ajaran baru.
IHT ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam hal proses belajar mengajar, maka untuk itu guru harus membuat beberapa perencanaan, dan administrasi. Pada kegiatan ini banyak materi yang disampaikan terutama mengenai laporan tahunan, bulanan, harian, serta membuat dokumen KTSP. kegiatan ini juga untuk mengevaluasi kegiatan belajar mengajar yang sudah dilaksanakan untuk pelayanan yang lebih baik pada siswa. "Evaluasi dan perbaikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan dan layanan kepada para siswa terutama dalam Proses Belajar Mengajar,"
Hal lain yang perlu dilakukan setelah melakukan IHT:
1.   Pemetaan kompetensi SDM yang dimiliki. tujuannya, guru dan karyawan perlu dipetakan ulang  kompetensi keilmuan serta soft skill lainnya yang dimiliki.
2.  Saling bertukar pikiran terhadap langkah program pendidikan dalam satu tahun pembelajaran kedepan dalam rangka menjaring aspirasi secara personal untuk di rekam yang kemudian didiskusikan secara seksama positif negatifnya selain sebagai upaya bersama-sama meringankan cita-cita besar yang ingin dicapai oleh sebuah lembaga pendidikan.
3.  lengkapi dengan rencana tindak lanjut (RTL).
Perlu diperhatikan adalah, konsistensi langkah pasca IHT terselenggara untuk kemudian secara kelembagaan atau personality berani berbenah atau tidak. Kemudian sebagai pemimpin objektif dalam melakukan penilaian, baik personal atau kelembagaan, secara proporsional atau tidak. Karena bila yang terjadi adalah tidak, itu artinya perubahan hanya sesaat ketika IHT, lalu kembali lagi melakukan tingkah laku lama yang menjemukan dan usang dalam tataran paridagma berpikir modern. Hasilnya, apa yang diterima tidak maksimal
Sebagai harapan dari saya pengawas binaan adalah adanya perubahan yang signifikan dari seluruh kompnen yang ada disekolah, bukan hanya ada dalam tataran normatif (teori) yang tak perlu dilakukan. agar implementasinya bisa dirasakan semua stakeholder.
Akhirnya, selamat memPersiapkan Tahun Pelajaran baru dengan jiwa dan semangat yang baru.


3 komentar:

  1. Pengawas hebat dan jadilah pengawad yg menghebatkan insan pendikan dalam nengarungi abad 21

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tq jo, ayo kita jaga kekompakan jo, maju bersama hebat semua

      Hapus
  2. Mudah2an lbh sukses lagi ni ke depannya dlm membimbing kami guru bio pdg.prmn

    BalasHapus

Back To Top