SCHOOL SUPERVISOR SMA PADANG PARIAMAN

Senin, 29 Juni 2020

“MENIKMATI ‘SANG MUTIARA’ DI UJUNG PAPUA” KEPULAUAN RAJA EMPAT


“MENIKMATI ‘SANG MUTIARA’ DI UJUNG PAPUA”
KEPULAUAN RAJA EMPAT

26 November 2016
Papua memang sangat terkenal akan keunikan budaya dan pariwisatanya. Pulau yang mirip burung ini memiliki tempat melancong yang unik dan menarik seperti destinasi wisata Raja Ampat. Di sini, kami disuguhi dengan berbagai macam pemandangan alam yang sangat mempesona. Jadi penasaran, ayo kita ke Raja Ampat, kita nikmati Lautan lepas dengan pulau-pulau karang yang tersusun rapih.
Raja Ampat yaitu sebuah kabupaten yang termasuk ke Provinsi Papua Barat. Untuk sampai ke kepulauan ini, kami harus menuju Kota Sorong terlebih dahulu. Setelah bermalam satu malam di kota Sorong, kami menggunakan kapal cepat yang biasanya berlayar sehari 2x menuju Wasai yaitu Ibukota Raja Ampat. Dari Sorong ke Waisai membutuhkan waktu sekitar 2 s.d 3 jam saja.
Daerah Raja Ampat merupakan daerah kepulauan, yang memiliki sarana transportasi angkutan laut. Transportasi ini digunakan baik untuk menjangkau ibu kota kabupatennya yang terletak di Waisai ataupun sebaliknya. Dengan empat pulau utama yang berada dikawasan ini menjadikan keunikan tersendiri bagi kami yang berkunjung ke Kepulauan Raja Ampat. Empat pulau yang dimaksud adalah Batanta, Misool, Salawati dan Waigeo. Sebutan atau nama dari Raja Ampat sendiri diambil dari mitos penduduk sekitar yang apabila diartikan kedalam bahasa indonesia mempunyai makna Empat Raja.
Destinasi wisana nan indah ini adalah kepulauan yang terdiri dari banyak sekali pulau karang. Pulau karang tersebut tersebar luas di seluruh wilayahnya. Di kepulauan tersebut terdapat 4 pulau paling besar yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Penyebaran penduduk Raja Ampat berawal dari keempat pulau besar tersebut. Mereka berprofesi sebagai nelayan. Daya tarik Raja Ampat adalah wilayah perairannya. Oleh karena itu, destinasi wisata tersebut termasuk salah satu dari 10 perairan terbaik yang ada di seluruh dunia. Peringkat itu berdasarkan penelitian mengenai kekayaan flora dan fauna serta kelestarian alam laut yang dimiliki oleh Raja Ampat.
Keindahan pulau dan keunikan wisata bawah lautnya, serta menjelajahi dinding -dinding bawah laut dengan cara menyelam. Wisatawan juga bisa mengarungi gugusan kepulauan besar dan kecil, pegunungan, hutan tropis, untaian karang laut, pantai pasir putih serta keaneka ragaman kehidupan satwa yang ada di kawasan wisata Raja Ampat. Memang boleh dikatakan kalau kekayaan alam seperti ini sangat jarang sekali ada, jadi bersyukur sekali apabila Indonesia memiliki anugrah yang sulit untuk dilukiskan dengan kata – kata.

Setelah menikmati indah nya alam Raja Ampat, saya hanya bisa burucap:
“Rabbanā mā khalaqta hāżā bāilā, sub-ānaka fa qinā 'ażāban-nār”
"Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka."


 Berikut foto-foto kami selama di Raja Ampat











1 komentar:

Back To Top