SCHOOL SUPERVISOR SMA PADANG PARIAMAN

Rabu, 08 Juli 2020

PENINGKATAN KOMPETENSI PENGAWAS DALAM MEMBINA PENGEMBANGAN KTSP


PENINGKATAN KOMPETENSI PENGAWAS DALAM 
MEMBINA PENGEMBANGAN KTSP

Supervisi adalah memberikan layanan dan bantuan kepada guru-guru, maka tujuan supervise adalah memberikan layanan dan bantuan untuk mengembangkan situasi belajar-mengajar yang dilakukan guru di kelas. Supervisi pendidikan dilakukan atas dasar kerjasama, partisipasi, dan kolaborasi; tidak berdasarkan atas paksaan dan kepatuhan.

PROSEDUR DAN TEKNIK SUPERVISI KLINIS 
     1.   Pertemuan awal/perencanaan (planning conference)
     2.   Observasi kelas (classroom observation)
     3.   Pertemuan balikan

PRINSIP-PRINSIP SUPERVISI KLINIS

1. Prinsip ilmiah, yakni berdasarkan data objektif dan dilaksanakan secara sistematis
2. Prinsip demokrasi, yakni menjunjung tinggi harga diri dan martabat guru, berdasarkan kesejawatan
3. Prinsip kerjasama, yakni sharing of idea, sharing of experience, dan support
4. Prinsip konstruktif dan kreatif, yakni memotivasi dan mengembangkan kreatifitas

Beberapa hal yang perlu dipahami dengan baik oleh supervisor sehubungan dengan KTSP yaitu:
1.   Konsep dasar, tujuan, dan karakteristik KTSP
2.   Format dan komponen dalam KTSP
3.   Pengembangan silabus dalam KTSP
4.   Penyusunan RPP dalam KTSP
5.   Pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi dan evaluasi dalam KTSP

Sejumlah persoalan selanjutnya yang perlu diperhatikan oleh supervisor, yaitu :

       1.   Pengembangan silabus
       2.   Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
       3.   Pelaksanaan RPP dan penggunaan sumber belajar
       4.   Lembar kerja siswa dan rubric penilaian
       5.   Penentuan standar keberhasilan

MODEL PENGEMBANGAN SUPERVISI KLINIS

A.   Tahap pertemuan pendahuluan
     1.   Melakukan kajian ulang terhadap RPP yang telah dibuat guru
     2. Mengidentifikasi komponen kemampuan beserta indikatornya yang akan diobservasi
     3.   Memilih dan mengembangkan instrument observasi

B.   Tahab observasi kelas
  Penggunaan instrument observasi diusahakan sesuai dengan kesepakatan guru dan supervisor. Perhatian supervisor terfokus pada komponen kemampuan beserta indikatornya yang telah dirancang dan ditetapkan diobservasiSatu hal yang perlu terus dijaga selama observasi adalah suasana   pembelajaran yang menyenangkan

C.   Tahap Pertemuan Balikan
 1.Menunjukkan secara objektif temuan yang diperoleh selama pengamatan          dalam proses belajar mengajar
 2. Mereview catatan proses dan hasil dengan menggunakan parameter                keberhasilan sebagaimana telah disepakati dalam pertemuan pendahuluan
 3.   Memberikan penguatan berupa dukungan pujian, atau pengakuan

KESIMPULAN
1.Langkah yang strategis untuk melakukan supervise adalah memantapkan pada tahap pertemuan awal/perencanaan (planning conference)
2. Langkah yang paling strategis adalah mengidentifikasi dan memecahkan kesulitan guru pada saat memahami kurikulum dan mengembangkan silabus
3.   Apa yang tertuang dalam RPP hendaknya sudah melalui diskusi yang cukup mendalam, sehingga core competence, rencana pelaksanaan, materi dan media, dan rancangan tagihan hasil benar-benar telah sesuai dengan substansi kurikulum







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top